Ads

Senin, 25 Desember 2017

Terkenal sejak dulu dengan angka harapan hidupnya yang tinggi, Jepang masih menduduki posisi pertama di tahun 2015 dengan angka harapan hidup hingga 83.7 tahun. Tak hanya panjang umur, lansia di Jepang juga memiliki hidup yang produktif dengan tubuh yang relatif bugar untuk seusianya.

Rahasia warga Jepang untuk berumur panjang sudah banyak diteliti dan mulai diterapkan oleh warga dari berbagai belahan dunia lain. Salah satu rahasia berumur panjang ala Jepang ternyata cukup sederhana, yaitu pola diet dan aktivitas yang seimbang.

Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki sumber pangan laut yang tinggi. Konsumsi ikan sebagai bagian dari diet sehari-hari merupakan salah satu faktor yang berperan penting pada tingginya angka harapan hidup warga Jepang.

Selain itu, hidup masyarakat Jepang yang sarat akan kesederhanaan juga tercermin dalam masakannya. Masakan khas Jepang tidak menggunakan banyak garam dalam racikan bumbunya, sehingga menurunkan resiko hipertensi dan penyakit ginjal. Selain makanan, budaya Jepang juga erat dengan konsumsi teh hijau yang kaya antioksidan dan memiliki banyak efek baik untuk tubuh, seperti melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Masyarakat di Jepang juga memiliki rata-rata indeks massa tubuh yang lebih rendah dibanding rata-rata di negara benua Eropa. Hal ini berkaitan dengan mobilitas warga Jepang yang terbilang tinggi dalam aktivitas sehari-harinya, dibantu dengan tata kota yang baik sehingga berjalan kaki dan berolahraga menjadi lebih nyaman. Source klikdokter.com

#tanya_dokter


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya Memberi Nafkah Haram Dari Riba

Menafkahi anak dari hasil yang haram merupakan sebuah tindakan durhaka yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Nafkah yang haram ialah ...

Ads

Label

Ads

Popular Posts